Kepala Desa Sifaoroasi Diduga Kuat Korupsi Dana Desa TA 2017, Pemkab Nias Selatan dan Kejari Nias Selatan Seolah Tutup Mata

.

Nias Selatan, NUANSA POST
Oknum mantan kepala desa bernama Sokhihaogo Zebua dan kini terpilih kembali menjadi Kepala Desa Sifaoroasi Kec.Ulususua Kab. Nias Selatan diduga kuat telah melakukan tindak pidana korupsi penggunaan anggaran bantuan pemerintah pusat melalui program Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2017. Warga masyarakat Desa Sifaoroasi merasa kesal, karena Pemkab Nias Selatan (Bupati, Inspektorat hingga Kepala Dinas PMD Kab.Nias Selatan), bahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Nias Selatan seolah tutup mata tutup telinga.
            “Kami merasa heran, karena tidak ada tindakan apa apa dari pihak berwajib, termasuk Pemkab Nias Selatan. Padahal, yang melaporkan dugaan korupsi Dana Desa TA 2017 itu bukan hanya warga, tapi hasil pemeriksaan keuangan secara resmi oleh pihak Pemerintahan Kecamatan Ulususua yang ditanda tangan oleh Camat Teoli Ndruru,SH dilaporkan kepada Bupati,Inspektorat dan Kadis PMD. Laporan Pak Camat itu dikop surat resmi dan distempel” ungkap seorang warga.
            Dia memperlihatkan surat dari Camat Ulususua No.140/63/US/2018 perihal Tindak Lanjut Hasil Verifikasi Penggunaan Keuangan Desa Sifaoroasi Tahao I Tahun 2017 ditujukan kepada mantan Kepala Desa Sifaoroasi (Sokhihaogo Zebua) dilaporkan kepada Bupati Nias Selatan ditembuskan ke Inspektorat Kab.Nias Selatan, Kadis PMD Kab.Nias Selatan,Pj Kades Sifaoroasi (Tulusan Laia) dan Ketua BPD Sifaoroasi. Adapun isi surat resmi tersebut sbb: “Berdasarkan hasil verifikasi dan pembobotan penggunaan keuangan Desa Sifaoroasi Tahap I Tahun 2017 oleh pihak Kantor Camat Ulususa, PD dan PLD Kec.Ulususua. Sehubungan hal itu disampaikan bahwa 1) Jumlah anggaran untuk pelaksanaan pembangunan perkerasan jalan/onderlag sebasar Rp.395.145.306 dengan ukuran Panjang 955 meter dan lebar 3 meter; 2) Sesuai dengan Laporan Realisasi Penyerupan Dana Desa Tahap I tahun 2017, jumlah anggaran yang digunakan untuk pembangunan perkeasan jalan/onderlag sebesar Rp.339.039.000; 3) Ukuran perkerasan jalan seseuai poin (2) di atas, semestinya yang terlaksana berdasarkan perhitungan Rencana Anggaran Biaya adalah Panjang 819 meter x lebar 3 meter, namun kenyatannya yang terlaksana di lapangan adalah Panjang 237 meter x lebar 3 meter; 4) Berdasarkan point  (3) di atas, maka ditemukan kekurangan pelaksanaan perkelasan jalan/onderlag sepanjang 582 meter x lebar 3 meter, dengan biaya Rp.240.810.658.
            Karena itu, Camat Ulususua Teolindruru,SH meminta kepada mantan Kepala Desa Sifaoroasi a/n Sokhihaogo Zebua untuk segera menyelesaikan kekurangan pembangunan perkerasan jalan tersebut atau segera mengembalikan keuangan desa tersebut ke rekening kas desa.
            Namun, karena tidak ada tindakan apa apa dari Pemkab Nias Selatan maupun pihak berwajib, Sokhihaogo Zebua pun melenggang maju pada Pilkades Serentak 2019 belum lama ini dan ternyata dia terpilih kembali menjadi Kepala Desa Sifaoroasi.”Kami tetap berharap kepada Bupati Nias Selatan dan atau Inspektorat maupun Kejaksaan Negeri Nias Selatan untuk tidak tutup mata-tutup telinga terhadap kasus dugaan kuat korupsi Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran 2017 di Desa Sifaoroasi,”pungkas warga. (TIM)***

6 komentar:

  1. Mari kita bertanya pada rumput yg bergoyang

    BalasHapus
  2. Mudah-mudahan tidak ada yang tutup mata dan tutup telinga.

    BalasHapus
  3. Yang penting bapak senang, aman itu

    BalasHapus
  4. Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai terma dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka mampu dimiliki dan cepat dilunaskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, semuanya penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera sekiranya anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com mereka.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com
    Whatsapp Syarikat +1 (304) 997-4034
    E-mel saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  5. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI PAGE INI
    INI IALAH CERITA SAYA

    Saya MURNI SANTI, seorang wanita, ibu, kakak dan rakan dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang PENGURUS ESTATE SEBENAR dan saya mengalami banyak tekanan kewangan baru-baru ini, tidak ada yang mahu meminjam wang kepada kami untuk menyelesaikan projek komersial kami yang telah dibina dalam beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa syarikat pinjaman palsu yang menuntut sejumlah besar wang daripada saya tanpa kami menerima pinjaman.

    Saya kecewa, suami saya berusaha sebaik mungkin dan menolong, saya akan membunuh diri kerana kesakitan, terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan harapan, sehingga saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL sebuah syarikat pinjaman yang ditaja oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk memohon pinjaman dan menghubungi syarikat itu, pegawai pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan memberitahu saya jangan bimbang syarikat itu akan meminjamkan wang kepada saya, walaupun jumlah yang saya perlukan sangat besar, dan semua yang saya dapat berikan kepada mereka keperluan yang merupakan beberapa maklumat peribadi, yang saya lakukan.

    Saya melalui semua proses, mereka berjanji akan meminjamkan wang yang saya minta setelah mengesahkan saya layak untuk mendapat pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman yang dimasukkan ke dalam akaun saya dan saya mengesahkannya .. Kami syarikat kembali dari segi kewangan dan keluarga saya berjaya dengan baik ini menjadikan hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan semua PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI SAYA
    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    EMAIL Syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Syarikat: +1(304)997-4034
    Nama Saya: MURNI SANTI
    E-mel Saya: murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA