Desa Pesanggrahan Kroya Siap Gelar Festival Bobok Bumbung

.


Cilacap,NUANSA POST
Warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kroya memiliki tradisi unik untuk pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Mereka menabung uang kecil dalam tabung bambu, yang dialokasikan khusus untuk membayar PBB. Dengan cara tersebut, Desa Pesanggrahan menjadi salah satu yang tercepat dalam pelunasan PBB.
Tradisi tersebut telah berlangsung turun temurun. Bahkan saat ini pemerintah desa setempat mengemas acara tersebut dalam sebuah gelar budaya. Tahun lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bahkan menyempatkan hadir dalam acara ini, untuk memberikan apresiasi terhadap upaya masyarakat dalam membayar pajak.
Dilansir dari website disporapar.cilacapkab.go.id, Bobok Bumbung merupakan cara warga menabung dalam batang bambu (bumbung, Jawa –red), kemudian dibuka (dibobok, Jawa-red). Dalam Kirab Bobok Bumbung tersebut, warga menampilkan berbagai kreasi desain jolen, tempat ribuan bumbung atau berisi uang pembayaran PBB.
Salah satu jolen warga berisi puluhan bumbung uang untuk pelunasan PBB.
Rencananya, Festival Prosesi Bobok Bumbung Tahun 2020 akan digelar mulai Jumat hingga Senin (21-24/2). Untuk memeriahkan gelar budaya, panitia setempat juga menggelar lomba kentongan berhadiah total Rp 8 juta, kuda lumping, musik etnik sarageni, boncis, cowongan, pesta rakyat, kuliner, dan berbagai event lainnya.
Kepala Desa Pesanggrahan, Sarjo, luas wilayah Desa Pesanggrahan mencapai 153 hektare. Wilayah tersebut terbagi dalam dua dusun, 4 RW, dan 12 RT. Di dalamnya terdapat 1.329 KK dengan jumlah penduduk mencapai 4.720 jiwa. Bobok Bumbung ini dilaksanakan sebagai upaya pelestarian tradisi luhur warisan nenek moyang.(DN/KOMINFO/HARYANTI)***

0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA