IKP 2020: Bawaslu RI Petakan Kerawanan Pilkada, Pencegahan dan Pengawasan Maksimal Dibutuhkan

.
Rokan Hilir- NUANSA POST
Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia ( Bawaslu RI) resmi meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pilkada Serentak 2020, Peluncuran IKP Pilkada Tahun 2020 oleh Bawaslu RI, bertempat di Redtop Hotel & Convention Center, Jakarta Selasa, 25 Februari 2020.
Koordinator Divisi Sosialisasi dan Pengawasan Bawaslu RI Mochammad Afifuddin berharap, seluruh pemangku kepentingan bisa bekerja sama dengan baik dalam menindaklanjutinya.
Untuk mencegah terjadinya pelanggaran, Bawaslu meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020. IKP ini dirancang memetakan potensi kerawanan Pilkada Serentak 2020 yang berlangsung di 270 daerah dengan fungsi antisipasi dan pencegahan dini. Berdasarkan hasil penelitianBawaslu RI, rata-rata penyelenggaraan pilkada di kabupaten/kota berada dalam kategori rawansedang dan penyelenggaraan pilkada provinsi masuk dalam kategori rawan tinggi. Oleh karena itudibutuhkan pencegahan pelanggaran dan pengawasan penyelenggaraan pilkada secara maksimal yang melibatkan semua pemangku kepentingan.
Dimensi-dimensi kerawanan pada tingkat kabupaten/kota memiliki skor rata-rata 51,65 yang
masuk dalam kategori rawan sedang. Artinya, kerawanan pilkada di tingkat kabupaten/kota beradapada level 4 yang berarti lebih dari setengah indikator kerawanan berpotensi terjadi.Sedangkanpada pemilihan gubernur, Sembilan provinsi yang menyelenggarakan pemilihan memiliki skorrata-rata skor 73,8 yang masuk dalam kategori tinggi, yang berarti hampir seluruh indikatorkerawanan berpotensi terjadi. Ujar Muhammad Afifuddin sebagai devisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu RI.Angka tersebut diambil dari pengukuran atas empat dimensi dan 15 subdimensi yangmencerminkan kerawanan penyelenggaraan pilkada. Empat dimensi yang diukur dalam IKP Pilkada
2020 adalah (1) dimensi konteksi sosial dan politik dengan subdimensi keamanan lingkungan,otoritas penyelenggara pemilu, otoritas penyelenggara negara, dan relasi kuasa di tingkat lokal; (2)dimensi pemilu yang bebas dan adil dengan subdimensi hak pilih, pelaksanaan kampanye,pelaksanaan pemungutan suara, ajudikasi keberatan pemilu, dan pengawasan pemilu; (3) dimensikontestasi dengan subdimensi hak politik, proses pencalonan, dan kampanye calon; dan (4) dimensi
partisipasi dengan subdimensi partisipasi pemilih, partisipasi partai politik, dan partisipasipublik.
IKP Pilkada Kabupaten/Kota
 `Pada pemetaan potensi kerawanan pilkada kabupaten/kota, Kabupaten Manokwari, Papua Baratadalah daerah dengan skor dan level tertinggi kerawanan pilkada dengan skor 80,89. Kabupatenlain dengan skor kerawanan tertinggi adalah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (80,89); KotaMakassar, Sulawesi Selatan (78,01); Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (74,94);Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (72,48); Kabupaten Sula, Maluku Utara (71,45);Kota Sungai Penuh, Jambi (70,63); Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (70,62); KabupatenPasang kayu, Sulbar (70,20); Kota Tomohon, Sulawesi Utara (66,89); Kota Ternate, Maluku Utara (66,25); Kabupaten Serang, Banten (66,04); Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (65,03); danKabupaten Sambas, kalimantan Barat (64,53).Dengan skor rata-rata kerawanan setiap dimensi sebesar 51,65, kerawanan pilkada kabupaten/kota.
            Sedangkan untuk Kabupaten Rokan Hilir termasuk penilaian Indeks Kerawanan Pemilu  (IKP) salah satu yang terendah di Propinsi Riau yaitu (44,15) berada pada Level 3 yg dikategorikan Level rendah.Hadir di acara ini Wakil Presiden RI Bpk Prof. DR. KH. Makruf Amin, wakil ketua komisi II H. Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Bawaslu RI Bpk Abhan, Anggota Bawaslu RI Muhammad Afifuddin, Rahmat Bagja, Fritz Edward Siregar, Seluruh Ketua dan Anggota Devisi Pengawasan Bawaslu Propinsi, Devisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, sedangkan Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir mengutus Syahyuri,Ketua sekaligus Koordinator Devisi Pengawasan."(SB)

0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA