KSM Desa Pajar Asri Sukses Kelola DAK dari Kementerian PUPR

.

Kab.Mesuji, NUANSA POST
Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Fajar Asri, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji sukses mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2019.
Program kegiatan pembangunan IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari WC, dari air cuci/kamar mandi).
IPAL untuk limbah WC lebih dikenal dengan sebutan septik tank dengan pagu anggaran Rp. 300 juta melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PERKIM) Mesuji.
Ketua KSM Didi, melalui Sekretaris KSM Neneng Yulianti mengatakan program DAK untuk pembangunan Sanitasi Komunal sudah dilaksanakan melalui KSM, dan dikerjakan oleh warga.
Menurutnya pembangunan ini sudah dilaksanakan sesuai gambar dan juga didampingi oleh Teknis Tenaga Fasilator Lapangan (TFL) Dinas Perkim.“Pembangunan IPAL Komunal ini sudah terealisasi 100 persen, dengan mencover sambungan rumah (SR) sebanyak 20 kepala keluarga. Pembangunan ini juga sudah diserahkan kepada masyarakat untuk digunakan bersama-sama,” ujarnya, rabu (19/02/2020).
Pembentukan KSM Fajar Asri ini, lantaran ada bantuan dari pemerintah untuk pembangunan IPAL Komunal dilingkungan warga Fajar Asri di lingkungan RK 1 dusun Sono Mulyo dan di targetkan hanya 20 kepala keluarga atau 20 rumah.“Saat ini masyarakat juga sudah membentuk KSM, untuk mengantisipasi beberapa tahun kedepan untuk antisipasi limbah penuh dan disedot atau perawatan rutin. Oleh karena itu masyarakat senang mendapat bantuan IPAL Komunal dan dijaga serta dirawat bersama-sama agar awet. Sehingga masyarakat lingkungan memiliki sanitasi sehat,” ungkapnya.
Wanita yang akrab disapa Neneng ini berharap, pembangunan fisik IPAL komunal tersebut kedepan bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk meminimalisir terjadinya lingkungan kumuh.
Tentu kedepan program-program yang lain bisa dikucurkan di wilayah Fajar Asri yang memang memerlukan sentuhan yang merata, dan mudah-mudahan kedepan akan mendapatkan IPAL Komunal lagi.
KSM Fajar Asri tetap komitmen dan konsisten bersama anggota KSM dibantu warga melakukan pembangunan dengan kualitas dan spek matrial yang kuat. Sehingga diharapkan menghasilkan kualitas pembangunan IPAL Komunal dengan bagus dan tahan lama bisa dipakai anak-anak cucu kelak nanti.
“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat atas bantuan IPAL Komunal. Semoga bermanfaat menuju sanitasi sehat, dan mudah-mudahan dengan adanya SPAL Komunal ini pola hidup masyarakat kami berubah, dan bisa menjadi warga sehat dan bebas dari kawasan kumuh,” tutupnya.(RANDI)


0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA