Bupati Tegal Gelar Rakor Bahas Pelaksanaan Ibadah di Bulan Ramadhan Saat Pandemi Covid 19

.

Tegal, NUANSA POST
Bupati Tegal Umi Azizah dalam rangka mengahadapai datangnya bulan suci Ramadhan mengadakan rakor Rabu 15/4/2020 di Ruang rapat Sekda kabupaten Tegal pukul 09.00 wib membahas kegiatan Ibadah umat muslim di tengah mewabanya Virus Covid 19/Corona.
Umi Azizah meminta kepada organisasi masyarakat umat islam yg ada yakni MUI, NU dan muhamdiyah yang merupakan wadah umat muslim dikabupaten Tegal untuk membuat keputusan bersama terkait pelaksanaan Ibadah pada bulan suci Ramadhan sesuai surat Edaran menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Ftri 1 Syawal 1441 H di tengah Pandemi wabah Covid-19.
Bupati Tegal jga menyampaikan terima kasih kepada semuanya yang hadir dalam rakor dan berharap mudah2an kita bisa melaksanakan Ibadah di bulan suci Ramadhan dengan Khusyu ditengah pencegahan dan penanganan mewabahnya virus covid 19 ini.
Umi Azizah sebelum bahas keputusan bersama kegiatan Ibadah di bulan suci ramadhan, menyampaikan terkait perkembangan situasi dan kondisi pemerintah kabupaten Tegal terutama terkait dengan covid 19 yang disampaikan secara khusus oleh kepala Dinas Kesehatan .
Kemudian beliau menyampaikan kepada peserta rakor apa yg sudah dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Tegal,,Bahwa tahun ini pemerintah Pusat , pemerintah daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/kota semuanya ditekankan untuk percepatan dan penanggulangan Covid 19,,sehingga terkait dengan program –program pembangunan sdah hampir final,diluar bidang kesehatan dan pendidikan dikabupaten Tegal tidak melaksankan pembangunan karena difokuskan pada percepatan dan penanggulangan Covid 19 dengan target anggaran 400 Milyard lebih.Ujarnya.
Oleh karena itu, pemkab Tegal sedang melakukan upaya refocusing anggaran yang semula sudah direncanakan akan dikeluarkan untuk membangun di tahun 2020 harus digeser untuk pencegahan dan penanganan Covid 19.
Menurutnya proses refocusing anggaran pemerintah kabupaten Tegal dilakukan siang dan malem, sementara dari kebutuhan sementara dari target 3 bln membutuhkan anggaran 320 Milyard.
Terkait dengan pelaksanaan Ibadah pada bulan suci Ramadhan yang akan datang Bupati Tegal Umi azizah menyerah sepenuhnya kepada ormas MUI, NU dan Muhamdiyah serta Organisasi masyarat Islam yang ada bersama Asisten I untuk membahasnya dan hasilnya untuk dituangkan dalam surat Keputusan bersama.
Menurut Ketua MUI, Ketua NU, Ketua Muhamadiyah dan Kepala Kemenag bersama Asisten I kabupaten Tegal Pembahasan Pelaksanaan Ibadah pada Bulan Ramadhan berfokus pada pelaksanaan Sholat Jumat , sholat sunah taraweh dan sholat Idul Fitr .Terkait dengan pelaksanaan Sholat Jumat semuanya sepakat untuk tetap dilaksanakan dengan tetap mengupayakan pencecegahan dan penularan Covid 19 sesuai Protokol dari Kementerian Kesehatan . sedangkan Sholat sunah taraweh dan sholat idul fitri bisa dilaksankan dan bisa tidak karena bersifat sunah.Ujarnya.
Musyawarah berjalan cukup Alot karena masing-masing memiliki pandangan yang berbeda-beda ,tapi musyawarah membuahkan hasil kesepakatan bersama terkait Pelaksanaan Ibadah Bulan Suci Ramadhan yang akan datang.
Kemudian Kesepakatan bersama itu akan dituangkan dalam surat keputusan bersama yang akan difasilitasi oleh Kabag Kesra , Muhtadi .( RAMLI )*** 

0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA