Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan Instansi Terkait Optimalkan Cegah Covid-19

.



OKU Selatan NUANSAPOST
Pemerintah Kabupaten OKU Selatan  dan instansi yang terkait   terus menerus dan berbagai cara untuk pencegahan Covid-19. dengan cara  penyemprotan menggunakan mobil taktis water Canon dari Polres OKU Selatan dan dua mobil Damkar.
Upacara di halaman terminal Muaradua Kabupaten OKU Selatan. langsung keliling di seputaran Muaradua melakukan penyemprotan. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Popo Ali, Kapolres dan Koramil dengan didampingi Tim Gugus Pencegahan Covid-19. penyemprotan dimulai dari Terminal bus Muaradua langsung ke jalan protokol menuju perkantoran pemerintah kabupaten OKU Selatan dan di jalan jalan kota Muaradua. Berupaya pencegahan penyebaran Covid-19. 
Wawancara selesai memimpin apel upacara Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo . B.Com mengatakan, langkah seperti ini melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah OKU Selatan terutama tempat umum, penyebarannya sudah tahap mengkhawatirkan di tingkat pusat maupun daerah, status Sumatera Selatan saat ini Siaga Tanggap Darurat. maka hal ini jangan kita anggap ringan virus Covid -19 ini.
Bupati mengapresiasi atas kerja keras seluruh tim gugus percepatan penanggulangan pencegahan Covid-19. tanpa kecuali, upaya mereka (tim) insya Allah menjadi amal ibadah, ucap nya."Kita harus ekstra lagi bersatu semua lapisan untuk memerangi  Covid-19. maka saya tekankan untuk seluruh kepala Desa agar membuat posko, warga yang baru datang harus dipantau bersama bidan Desa" sambung Bupati.
Masyarakat diharapkan dapat mematuhi himbauan pemerintah, agar semua lapisan masyarakat OKU Selatan terhindar dari wabah Corona ini. tetap jaga jarak ( Social Distancing), Pola hidup sehat, jauhi kerumunan atau jika tak penting keluar lebih baik dirumah saja. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
Terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan, Pemerintah dan instansi terkait Kabupaten OKU Selatan telah melaksanakan berbagai upaya dan langkah-langkah sesuai arahan dari Pemerintah Pusat. Dalam percepatan pencegahan Covid-19 ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan sangat serius diantaranya dengan membentuk Satuan Gugus Tugas, mendirikan Posko Pencegahan Penyebaran Covid-19 di beberapa Kecamatan dan Perbatasan wilayah OKU Selatan, Penyemprotan Disinfektant, Sosialisasi ke Masyarakat, dan saat ini Pemkab OKU Selatan juga telah menyiapkan Anggaran Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan.
Terkait dengan Anggaran, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan sudah menerima petunjuk dari Pemerintah Pusat untuk mengoptimalkan anggaran-anggaran yang tersedia di Kabupaten OKU Selatan, baik dasarnya anggaran tersebut sudah dianggarakan sebelumnya agar bisa dimanfaatkan untuk penanggulangan Covid-19 serta munculnya Belanja Baru dalam rangka pencegahan Covid-19.
Pemerintah Kabupaten OKU Selatan telah mempersiapkan anggaran sebesar 18.837.131.106,- untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan. Anggaran ini sendiri dioptimalkan dibeberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang memang sangat berhubungan erat dengan pencegahan Covid-19, terutama diantaranya :
– Dinas Kesehatan yaitu Upaya Kesehatan Masyarakat dengan kegiatan penyelenggaraan pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan wabah, dan kegiatan penyediaan Biaya Operasional Kesehatan (BOK).
– RSUD Muaradua yaitu Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular, dengan kegiatan Pelayanan Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular.
– Dinas PU PR yaitu melakukan percepatan rehab ruang bedah pada RSUD yang nantinya difungsikan sementara untuk ruang isolasi bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).
– BPBD yaitu sebagai OPD yang mengkoordinir penggunaan biaya tidak terduga sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Selanjutnya untuk OPD Dinas Perhubungan, Pol-PP, Dinas Kominfo, Camat dan lainnya memberikan dukungan dalam upaya penanggulangan Covid-19 sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.
Untuk sumber dana persiapan penanggulangan Covid-19 sendiri berasal dari Dana Intensif Daerah sebesar 8.640.243.606,- DAK Non Fisik 9.086.887.500,- dan dari Pajak Rokok sebesar 1.065.000.000,-.
Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. terkait anggaran pencegahan Covid-19 ini berharap agar penggunaan dana ini tepat sasaran dan memenuhi sarana dan prasarana pencegahan Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan. Hal ini merupakan komitmen dan langkah serius Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dalam mengoptimalkan pencegahan penyebaran Covid-19 dan jangan sampai virus ini masuk ke Kabupaten OKU Selatan. Di perbatasan OKU Selatan pemerintah mendirikan Posko yaitu di Kecamatan Simpang dan di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan. Bahkan di Kecamatan Buay Pemaca, Tiga Dhihaji, di Kecamatan Muaradua tepatnya di Terminal dan Pulau Beringin semua itu Guna untuk mencegah Covid-19 masuk ke OKU Selatan. Dengan cara setiap orang yang masuk menggunakan kendaraan di periksa kesehatannya. Bupati juga telah menginstruksikan kepada Seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk bersama sama cegah Vurus Covid-19. Ini semua bentuk keseriusan Pemerintah OKU Selatan untuk mencegah Covid-19. ( BAS /SPK )***

0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA