Seorang Anak Bangsa Berhasil Membuat Pesawat Terbang Jenis STOL (Short Take off and Landing) dari Lakbok Ciamis

.

SURYANTO  salah  seorang warga Nambo Rt 24 Rw 05 Desa Cinta Jaya Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis telah berhasil merancang sebuah pesawat terbang,pembuatan pesawat tersebut dirancang langsung di depan rumahnya
Keahlian merancang pesawat tersebut di dapat ketika bekerja di perusahaan pesawat ZENITH di Amerika Serikat,ketika itu dia di ajak oleh seorang turis asal Amerika untuk bekerja di perusahaannya yang berada di Amerika.dan dia bekerja di perusahaan tersebut kurang kebih 2 tahun.
Suryanto mengaku,setelah kembali ke Indonesia dari Amerika telah berhasil membuat pesawat sebanyak 2 unit di daerah Balik papan Kalimantan Timur,namun pesawat tersebut ada yang berminat dan di jual ke negara Cheko,katanya.
Untuk pembuatan pesawat yang di Balik papan beliau mengaku hanya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk 1 unit,karena bahan bahan yang di butuhkan di Balik papan mudah di dapat,sedangkan untuk biaya pembuatannya menghabiskan sekitar Rp 300 juta per unitnya,namun sangat di sayangkan hasil karya anak bangsa tersebut tidak ada perhatian dari siapapun,justru yang memperhatikan justru dari negara lain.
Menurut Suryanto yang biasa di panggil mas Heri,pesawat yang di buatnya berjenis STOL (Short Take Off and Landing) yang berukuran panjang 7 meter dan Lebar 9 meter dengan kapasitas penumpang 2 orang dan bisa mencapai ketinggian 1400 kaki,katanya ketika di wawancara oleh insan media.
Di ungkapkan pula oleh beliau,mesin yang di gunakan adalah dari mesin mobil JAZZ Rs 2015,eks impor dari Singapura,sedangkan bahan bakar yang di pakai menggunakan PERTAMAK . pembuatan pesawat ini merupakan yang ke 3 kali nya dan yang ke 3 ini di targetkan selesai sekitar bulan Agustus nanti dan bisa langsung di uji coba.katanya
Menurut beliau yang baru melihat pembuatan pesawat   tersebut baru Dan Dim 0613 Ciamis Let Kol Arm Tri Arto Subagio,bahkan perihat langsung prosesnya,pungkasnya (RUSWAN H)

1 komentar:

  1. Luar biasa. Karya anak bangsa ini memiliki masa depan ekonomi tersendiri dalam bidangnya. Perlu didukung dan dikmbangkan. Semoga bisa berjaya ya. Aamiin. Jaya rakyatnya jaya pulalah bangsanya. Aamiin..

    BalasHapus

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA