Kabid Humas Polda Jabar : “Mengokohkan Ketauhidan, Berkomitmen Ubudiyah dan Memelihara Akhlak Adalah Tiga Hal Untuk Menjaga Fitroh Ramadhan”

.

Bandung,NUANSA POST
Bertempat di masing-masing Satker dan Satwil Jajaran Polda Jabar, Kamis (28/5/2020), telah berlangsung kegiatan Bimbingan rohani dan mental (Binrohtal) Agama Islam. Kegiatan Binrohtal dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, diikuti oleh Waka Polda Jabar Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K.,M.Si.,M.M., pejabat utama Polda Jabar dan anggota dan ASN yang beragama Islam.
Kegiatan pembinaan rohani dan mental diawali dengan pembacaan Al-Qur'an Surat Yassin secara bersamaan, Tausiyah dan ditutup dengan do'a. Tausiyah disampaikan oleh Ustadz H. Aang Ridwan, dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dengan Thema Menjaga Fitrah Romadhon.
Dalam tausiyahnya Ustadz H. Aang Ridwan, menyampaikan tiga hal untuk menjaga fitrah tersebut. Yaitu mengokohkan ketauhidan, menguatkan komitmen ubudiyah, dan memelihara akhlaq yang terpuji.
Pertama, mengokohkan ketauhidan. Menurutnya, Ramadhan adalah momentum yang sangat efektif untuk mengokohkan keimanan manusia dan mengembalikannya kepada fitrah. Sebab, Ramadhan memang disiapkan oleh Allah untuk mendidik jiwa-jiwa yang menjauhi-Nya untuk kembali kepada-Nya, mendidik jiwa-jiwa yang berlumur dosa untuk datang memohon ampunan kepada-Nya, dan mendidik jiwa-jiwa yang lalai dari ibadahnya untuk bersimpuh bersujud dan mengikhlaskan pengabdiannya.
Kedua, menguatkan komitmen ubudiyah. Fitrah kehambaan menuntut setiap muslim untuk membuktikan komitmen ibadahnya. Dia dituntut tidak hanya bersungguh-sungguh menunaikan semua ibadah fardhu, tapi juga ibadah-ibadah sunnah. Ia berpuasa wajib dan melengkapinya dengan puasa-puasa sunnah.
Ketiga, memelihara akhlaq yang terpuji. Ditegaskan,  bahwa cara lain memaknai pemeliharaan fitrah adalah dengan menjaga akhlaq yang terpuji seperti amanah, jujur, sabar dan syukur. PApabila seseorang memiliki sifat-sifat tersebut, maka ia akan merasakan ketenangan dalam hidupnya.
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Drs. S. Erlangga mengatakan bahwa dengan adanya tiga hal untuk menjaga fitrah Romadhon tersebut, semoga dapat diamalkan serta direalisasikan oleh setiap anggota Polda Jabar.(REDI MULYADI/HUMAS POLDA)***


0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA