Sekedar Informasi Publik, Dugaan Anggaran HUT Lampura Tahun 2017 Dispora Tidak Jelas

.

Lampung Utara,  NUANSA POST
Keterbukaan Informasi bagi publik yang Nyata- nyata Hak bagi setiap warga negara dan dijamin oleh konstitusi yang tertuang dalam UU No 40 tahun 2018 tidak serta merta diindahkan dan diimplementasikan oleh Berbagai kalangan maupun Aparatur sipil Negara (Asn) yang semestinya wajib memberikan Informasi seluas-luasnya kepada warga masyarakat sebagai Publik.
Seperti pengelolan anggaran perayaan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lampung utara pada tahun 2017 yang digelar oleh Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata (Dispora) Lampung Utara yang patut diduga banyak terindikasi adanya penyimpangan anggaran dalam penggunaanya, namun kesanya ditutupi oleh Oknum yang tak mentaati UU Tentang Informasi Publik dengan alasan tak Logis, Ya itu Lupa.
Miris dan sangat disayangkan, aparatur sipil negara (ASN) yang sepantasnya dapat menjadi contoh dan Panutan dalam mentaati Peraturan dan Konstitusi tentang Keterbukaan informasi bagi publik, justru malah sebaliknya.
Dugaan adanya penyimpangan anggaran, terjadi dengan modus oprandi penggelembungan anggaran kegiatan (mark up) dalam pembayaran pengadaan Bintang Tamu pada perayaan Hari Ulang Tahun tersebut.
Saat media ini mencoba menggali lebih dalam Data yang ada dan mengkonfirmasi hal tersebut kepada Ilham Akbar, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Ia menjelaskan," Alhamdulilah Kegiatan tersebut sudah berjalan empat tahun yang lalu. Dalam kegiatan tersebut kurang lebih Rp. 1.075.000.000,-," Paparnya, saat ditemui Media ini pada Ruanganya, Ia' Menjelaskan.
Kegiatan tersebut berjalan dengan baik, bahkan telah sesuai dengan pelaksanaanya dengan anggaran dan sudah sesuai dengan prosedur, menurut Ilham Akbar.
Saat media kembali menanyakan Detail dan Rincian berapa Nilai anggaran untuk pembayaran Honorium Bintang Tamu yang di gelontorkan oleh Dinas yang dipimpinya, dirinya berdalih tak ingat rincianya, dikarnakan sudah sekian lama acara tersebut di selenggarakan, kilahnya.
" Untuk artis (Bintang Tamu) sendiri, saya sudah lupa. Kurang lebih sudah berjalan bahkan itu sudah lama sekali. Dan yang di pakai melalui APBD Lampung Utara," ujarnya, tanpa ada keinginan untuk membuka Dokumen Arsip Rincian Kegiatan yang diminta oleh Awak Media untuk kepentingan Informasi Publik.
Dirinya meminta supaya mengenai perayaan Hari Ulang Tahun (Hut) 2018/19/20 juga di wawancarai kembali. Supaya tidak terputus di tahun 2017.
Diakhir keterangannya, Ia meminta, silahkan Tanyakan juga pada pihak Lainya, Seperti apa kegiatan dispora atau pariwisata dan Lainya," ucapnya..(RIAN)****


0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA