Adsense

Komisi I DPRD Kab.Bengkalis Sepakat Upah Buruh Bongkar Muat TBS Naik menjadi Rp. 17.000 Per Ton

.

Bengkalis, NUANSA POST
Buruh bongkar muat Tandan Buah Segar (TBS) yang bernaung di SPTI-SPS Simpang Bangko akhirnya mendapat angin segar, karena upah bongkar muat Kabupaten Bengkalis yang sudah dimulai sejak tahun 2009 dan merupakan upah terendah se Provinsi Riau disepakati naik dari Rp.12.000 menjadi Rp.17.000 per ton. Kenaikan upah disepakati bersama oleh pihak SPTI, Perusahaan dan pihak Disdag Perin dalam rapat kerja Komisi I DPRD Bengkalis, Senin (3/12/2018).
            Rapat tersebut dihadiri oleh anggota Komisi I Morison Bationg Sihite, Simon Lumban Gaol, dan Tinner WB Tumanggor. Dari Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) hadir H Limbong (SPTI) Kec. Mandau, L. Tambunan, M Sinambel, L Sijabat (SUPK) Simpang Bangko.
            Sementara dari perusahaan PKS hadir Edi Situmeang dari PT. PAA (Pelita Agung Agro) PKS Simpang Bangko, Budi Eka Darma PT. Murini Samsam (PKS) Simpang Anggur, Pinggir. Selain itu, juga hadir Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis.
Dari diskusi sebelumnya Komisi I sangat mendukung pengusulan kenaikan upah tersebut, namun tetap harus dilakukan studi kelayakan dengan dinas terkait supaya dilapangan kesesuaian tarif disesuaikan dengan kemampuan pengusaha, Komisi I bersifat merekomendasikan kepada Bupati untuk menaikkan upah dan melakukan kajian.“Upah bongkar muat Rp. 12.000 Perton sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi sekarang karena itu keputusan pada tahun 2009 silam,” Ungkap Simon Lumban Gaol.
            Untuk merealisasikan kenaikan upah menjadi Rp. 17.000 per ton, pengurus SPTI sektor bongkar muat TBS di pabrik kelapa sawit masih harus menunggu Peraturan Bupati (Perbub) Bengkalis.“Kami dari dewan akan mengajukan surat ke Bupati berdasarkan kesepakatan rapat yang kita lakukan ini. Bupati nanti akan mengeluarkan Perbub,” Ujar dr. Moris selaku pimpinan rapat.
            Selain itu, berdasarkan Kepmen No. 16/2000 perusahaan dan pekerja harus membuat Peraturan Kerja Bersama (PKB) dalam penyesuaian upah kerja bagi para buruh. .(HUMAS DPRD/AMIRUDIN/ ADV)***

0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA