Adsense

Petugas Para Medik Dinas Peternakan dan Perikanan Kab.Blitar Kunjungi Peternak

.

Kab. Blitar NUANSAPOST
Selain memperhatikan pakan sebagai kebutuhan pokok, kesehatan hewan juga harus mendapatkan perhatian dalam budidaya ternak. Karena hewan yang sakit akan mempengaruhi pertumbuhan, reproduksi dan produksinya. Oleh karena itu, hewan sebaiknya mendapatkan pelayanan kesehatan hewan secara baik supaya tetap sehat.
Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan hewan kepada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Blitar, Dinas Peternakan dan Perikanan melakukan kunjungan di 22 Kecamatan. Kegiatan kunjungan Pembinaan petugas medik ini untuk menampung aspirasi bidang kesehatan hewan yang berada di kecamatan atau di lokasi padat ternak.
Dalam rangka pelayanan kepada masyarakat kesehatan hewan di wilayah kerjanya denan melakukan konsultasi veteriner dan penyuluhan di bidang kesehatan hewan. Memberikan Surat Keterangan Dokter Hewan,untuk melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu, baik Kepala Puskeswan maupun petugas Puskeswan dalam pelaksanaan tugasnya dapat berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian sebagai mitra pelaku utama (petani, pekebun, peternak) dan petugas lainnya yang terkait.
Menurut Drh. Ria Purwitosari fungsi Puskeswan diantaranya  : (1) Pelaksanaan penyehatan hewan; (2) Pemberian pelayanan kesehatan masyarakat veteriner; (3) Pelaksanaan epidemiologik; (4) Pelaksanaan informasi veteriner dan kesiagaan darurat wabah; (5) Pemberian pelayanan jasa veteriner.
"Pelaksanaan penyehatan hewan, sebagai upaya medik yang kegiatannya meliputi Promotif, yaitu upaya meningkatkan kesehatan hewan dalam kondisi yang sudah ada. Seperti, pemberian suplemen, vitamin dan bahan aditif lainnya yang aman dan menyehatkan," terangnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, pemberian gizi seimbang untuk peningkatan produksi dan produktivitas hewan. Preventif, yaitu upaya mencegah agar hewan tidak sakit, dengan : a) melakukan vaksinasi dan tindakan lain yang diperlukan dalam rangka pencegahan penyakit hewan menular.
"Pemberian pelayanan yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan Puskeswan dapat dikenakan biaya yang besarnya dan tata caranya diatur dan ditetapkan lebih lanjut dengan peraturan daerah kabupaten/kota berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sedangkan pelayanan Puskeswan yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan program pengendalian wabah dan atau kejadian penyakit hewan menular di wilayah kerjanya tidak dikenakan biaya," Imbuhnya
Dengan keberadaan Puskeswan di kecamatan atau wilayah setempat yang dapat memberikan pelayanan kesehatan hewan, diharapkan para Penyuluh Pertanian dapat berperan aktif dalam memberikan informasi tentang keberadaan Puskeswan dan pelayanannya kepada petani peternak di wilayah binaannya.(T0N)

0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA