Adsense

Ucu Suryana: “Yakin, Anton Charliyan Akan Perjuangkan Nasib Buruh di DPR RI”

.

UCU SURYANA, nama lengkap pria sederhana ini. Namun dibalik kesederhanaannya itu, nama Ucu Suryana cukup terkenal di wilayah Priangan Timur, terutama di kalangan kaum buruh maupun aktivis LSM dan ormas. Hal itu cukup beralasan, karena selama ini dia telah banyak membantu masyarakat, khususnya “kaum buruh” tenaga kerja.
            Bahkan, Ucu Suryana sudah cukup lama malang melintang dalam memperjuangkan nasib kaum buruh yang ada di wilayah Priangan Timur.”Alhamdulillah, sudah 30 tahun saya berkiprah di dunia perburuhan. Dalam hal ini, saya hanya membantu para buruh ketika mereka membutuhkan pertolongan, misalnya ketika berurusan dengan Jamsostek (sekarang BPJS Ketenagakerjaan). Tak ada yang istimewa.”ungkap Ucu Suryana merendah.
            Pada saat Pilgub Jabar yang lalu, LINTAS PENA memperhatikan Ucu Suryana mendampingi Cawagub Irjen Pol (Purn) Dr.H.Anton Charliyan dan selalu stand by di rumah kediaman mantan Kapolda Jawa Barat tersebut. Demikian pula ketika Abah Anton—pangilan akrab Anton Charliyan—tampil nyaleg di DPR RI dari PDI Perjuangan Nomor Urut 1 untuk Dapil Kota/Kab.Tasikmalaya dan Kab.Garut.Ada apa gerangan....?
            Pria kalem ini hanya tersenyum mendapat pertanyaan itu. Ucu  mengaku, awalnya dia tidak begitu tertarik pada dunia politik, termasuk mendukung dan mengusung caleg maupun calon kepala daerah dengan berbagai alasan. Namun, ketika Anton Charliyan didaulat sebagai Cawagub Jabar pada Pilgub yang lalu, dia mulai meliriknya.
            “Ya,alasannya sederhana. Selain Abah Anton itu asli orang Tasikmalaya, juga satu visi dengan saya, yang berkaitan dengan kaum buruh. Ketika jadi cawagub, Abah Anton selalu bicara soal buruh, bagaimana memperjuangkan nasib buruh atau tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan kaum buruh, juga memperhatikan usaha kecil menengah yang melibatkan banyak kaum buruh. Begitu pula sekarang, Abah Anton nyaleg di DPR RI masih  sering membicarakan soal keberadaan kaum buruh. Bahkan sempat bilang, jika saya menjadi anggota DPR RI, maka saya akan memperjuangkan aspirasi masyarakat, termasuk kaum pekerja,”papar Ucu Suryana memberikan alasannya mendukung Anton Charliyan.
            Dia menambahkan, sangat jarang seorang pejabat yang peduli dan mau memperhatikan nasib kaum buruh.”Dalam hati saya berkata, Abah Anton memang serius dalam memperhatikan kaum buruh, yang selama ini saya perjuangkan. Saya sempat tanya soal buruh, Abah Anton menjawabnya, bahwa buruh merupakan masyarakat bawah yang menjadi penggerak ekonomi nasional. Untuk itu, para buruh harus mendapatkan kehidupan yang layak dan sejahtera. Sebuah jawaban yang mengena di hati saya,”kata Ucu Suryana.
            Kalau soal memperhatikan bidang keagamaan, kata Ucu,  Anton Charliyan  seringkali silaturahmi ke pondok pondok pesantren. Juga memperhatikan kaum petani, karena Anton Charliyan sering blusukan ke pedesaan dan bertemu dengan kaum petani.
            Bentuk kepedulian terhadap kaum buruh tersebut, Anton Charliyan meminta Lembaga Perjuangan Hak Buruh Indonesia (LPHBI) yang dipimpin Ucu Suryana agar lebih memperhatikan nasib kaum buruh, baik buruh formal (pekerja di pabrik yang tiap minggu/bulan mendapat gaji atau upah secara rutin maupun buruh informal (nelayan, buruh panggul, tukang ojek,kuli cangkul, dll). Hubungan emosional lebih erat lagi, karena anton Charliyan bersama Ucu Suryana satu payung LPHBI. Anton Charliyan menjabat Ketua Pembina LPHBI dan Ucu Suryana sendiri dipercara menjadi Ketua Umum LPHBI.
            Ucu Suryana selalu hadir apabila kaum buruh  mengalami  musibah,  kecelakaan,atau  meninggal dunia untuk mengurus hak hak buruh beserta keluarganya. Dia selalu  siap membantu kaum buruh apabila ada kesulitan untuk mendapatkan hak hak perlindungan jaminan sosial sampai tuntas.
            Karena besarnya perhatian Anton Charliyan kepada para “buruh” pekerja di berbagai sektor, maka tidaklah berlebihan bila Ucu Suryana pun mengusung, mendukung dan mengawal Irjen Pol (Purn) Dr.H. Anton Charliyan,MPKN agar dapat duduk di DPR RI dari PDI Perjuangan Nomor Urut 1 untuk Dapil Kota/Kab.Tasikmalaya dan Kab.Garut, serta istrinya Hj.Ajeng Anjarsari caleg DPRD Provinsi Jawa Barat dari PDI Perjuangan Nomor Urut 3 untuk Dapil XV Kota/Kabupaten Tasikmalaya  .
            “Karena itu, saya mengajak kepada rekan rekan buruh beserta keluarganya terutama yang berada di Dapil XI Kota/Kabupaten Tasikmalaya  dan Kab.Garut agar mendukung Pak Anton Charliyan yang akan memperjuangkan nasib dan aspirasi kaum buruh agar hidup layak dan sejahtera,”pungkas Ucu Suryana di rumahnya. (REDI MULYADI)***




0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA