Adsense

Udin Sihaloho : “Insensif Kader Posyandu Terkendala Karena Pembangunan Posyandu”

.

Batam ,NUANSA POST
Penambahan Posyandu dari 455 di tahun 2017 menjadi 501 di tahun 2018, tidak sebanding dengan penambahan kader Posyandu. Dikutip dari situs media center Pemko Batam, “Pemerintah Kota Batam menambah kuota kader Posyandu yang menerima insentif dari 3.185 orang menjadi 3.507 orang pada 2019 mendatang. Penambahan kader ini sejalan dengan bertambahnya jumlah Posyandu dari 455 di tahun 2017 menjadi 501 Posyandu di tahun 2018.”
            Menanggapi rencana penambahan kader Posyandu di tahun 2019  , kepada NUANSA POST  Udin Sihaloho, anggota Komisi IV DPRD Batam mengatakan pembangunan Posyandu seharusnya terlaksana di tahun 2017. Namun tidak terlaksana. Karena program prioriatas, di tahun 2018, pembangunan Posyandu kembali dianggarkan ulang. Seiring bertambahnya Posyandu, tentu diikuti pula dengan pertambahan kader Posyandu. “Biasanya satu Posyandu itu, sekitar 5 sampai 7 orang,” kata Udin Sihaloho.

            Menyoal insensif para kader Posyandu, Udin Sihaloho tidak menampik jika intensif para kader Posyandu sudah dianggarkan sejak tahun 2018. Namun para kader Posyandu belum menerima intensif . Tidak tersalurkannya intensif para kadera Posyandu, kata Udin Sihaloho, karena kendala pembangunan Posyandu yang dianggarkan pada tahun 2017. “Tetapi dengan kendala terbangunnya Posyandu tadi, ini dianggarkan kembali di tahun 2019, agar kader menerima intensif tadi,” kata Udin Sihaloho.
            Terkendalanya pembangunan Posyandu di tahun 2017 dan 2018, kata Udin Sihaloho karena anggaran defisit. Namun sesuai dengan Kebijakan Umum Anggaran (Kua), apabila ada program yang tidak berjalan di tahun 2017, wajib dijalankan di 2018 dan menjadi skala prioritas. Menurut Udin Sihalolo, pembangunan Posyandu seharusnya sudah selesai di bulan Maret hingga bulan Juni.
            Persoalan anggaran kembali memicu terlambatnya pembangunan Posyandu. Anggaran justru tersedot untuk infrastruktur jalan. “Dari awal saya sudah sampaikan. Jangan karena dipaksakannya pembangunan infrastruktur jalan ini menghambat program-program kecil yang langsung mengena kepada masyarakat. Salah satunya, Posyandu,” kata Udin Sihalolo.(TIM)***

0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA