Adsense

Acara Adat Suku Sakai, Bupati Bengkalis Mendapat Gelar Datuk Monti Alam

.

Bengkalis –NUANSA POST
Acara Adat Suku Sakai, Bupati Bengkalis Mendapat Gelar Datuk Monti Alam
Bathin Solapan, Humas DPRD – Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Hendri, H.Jasmi, Rianto, Mus Mulyadi dan Ibra Teguh turut hadir dalam acara Adat Suku Sakai, Rabu (01/05/2019). Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang didampingi oleh istri Kasmarni Amril yang pada saat itu hadir sebagai tamu kehormatan disambut dengan arakan yang di iringi dengan kompang dan persembahan silat dari Suku Sakai.
Pada acara adat tersebut, Bupati Bengkalis diberi kehormatan oleh Suku Sakai dengan mendapatkan gelar sebagai Datok Monti Alam. Proses Penambalan gelar dilaksanakan oleh ketua adat Suku Sakai yang disaksikan langsung oleh tetua adat, ninik mamak dan bathin Suku Sakai.
Amril Mukminin diberi gelar dengan acara tepuk tepung tawar oleh tetua Suku Sakai, diawali dengan pemasangan bongkong atau bekong atau ikat pinggang warna hijau oleh Kh. Bukhori, selempang kebesaran Suku Sakai oleh Kh. Amat S, Amril kemudian dipasangkan Deta berwarna hitam dengan lis warna putih di kepala sekaligus diberikan keris oleh Datuk H M Yatim Iyo Bangso. Maka Resmilah Amril Mukminin digelar sebagai Datok Monti Alam.  Penambalan gelar tersebut diadakan di rumah adat Suku Sakai Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis.
Amril Mukminin atau sekarang bergelar Datok Monti Alam juga meresmikan gedung baru Sekolah Dasar Swasta (SDS) kelas layanan khusus PT. Adei Plantation & Industri Kebun Mandau Kecamatan Pinggir sekaligus penandatanganan prasasti.“Semoga dengan pembangunan gedung baru SD swasta kelas layanan khusus PT. Adei ini, dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendidik dan memberikan nilai-nilai luhur, budi pekerti yang baik sehingga anak-anak dapat tumbuh berkembang menjadi anak yang taat kepada guru dan menaruh hormat kepada orang tua, serta berguna bagi Bangsa dan Negara”,Ungkap Amril
Dari serangkaian Acara tersebut, mengingat pesta pemokrasi yang terjadi di Indonesia Bupati Bengkalis juga mendeklarasikan kesepakatan bersama mempertahankan situasi yang aman, sejuk dan kondusif di wilayah Kabupaten Bengkalis serta menunggu dan menerima keputusan KPU.
Pada acara yang disaksikan oleh ratusan masyarakat setempat tersebut tampak hadir acara  Sekretaris DPRD Kabupaten Bengkalis Radius Akima, dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (HUMAS DPRD/AMIRUDIN )***



0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA