Adsense

Desa Tritih Wetan , Akhirnya Sukses Wakili Jawa Tengah dalam Lomba PHBS Tingkat Nasional

.

Cilacap, NUANSA POST
Desa Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi, sukses mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Pelaksana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Nasional Tahun 2019. Penilaian lapagan dilakukan oleh verifikator, usai diterima Bupati Cilacap di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Jumat (3/5/2019).
Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tritih Wetan, Jeruklegi, Ratini dalam paparannya menjelaskan, ada beberapa fakor pendukung bagi Kabupaten Cilacap hingga bisa masuk dalam nominasi penilaian pelaksana terbaik PHBS tatanan rumah tangga tingkat nasional.“Faktor pendukung tersebut antara lain berbagai regulasi yang diterbitkan Pemkab Cilacap dalam mendukung PHBS, termasuk inovasi dalam meningkatkan cakupan indikator-indikator PHBS di berbagai tingkatan mulai kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, RW, TR dan Dasawisma”, jelasnya.
            Ketua Tim Penilai Dr.Ririn Yuni Antari mengatakan, verifikasi ini merupakan tindaklanjut dari hasil seleksi administrasi, untuk kemudian dilakukan penilaian di lapangan. Dalam penilaian ini, Tim Penilai melakukan verifikasi yang mencakup berbagai aspek, termasuk penataan administrasi.
Dr. Ririn Yuni Antari mengatakan, Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kabupaten Cilacap, masuk enam nominasi terbaik pelaksana PHBS tingkat nasional. Adapun kunjungan kali ini untuk memverifikasi apakah pelaksanaan di lapangan telah sesuai dengan paparan
            Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih optimistis Kabupaten Cilacap sebagai perwakilan Provinsi Jawa Tengah dalam penilaian Pelaksana PHBS Tingkat Nasional Tahun 2019 dapat mempersembahkan hasil yang terbaik.“Kegiatannya sudah berjalan baik. Terlebih PHBS ini lebih menekankan pada habit atau kebiasaan. Kami hanya memotivasi saja, termasuk pembenahan administrasi”, jelasnya.
            Teti berharap apa yang telah dilaksanakan masyarakat Desa Tritih Wetan bersama Kader PHBS mendapat penilaian terbaik dari Tim Penilai Pelaksana PHBS Tingkat Nasional. Tidak hanya akan mengharumkan nama Cilacap, tetapi juga makin memotivasi masyarakat dalam menerapkan PHBS.
            Sementara itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memastikan, Desa Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi sangat layak mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam penilaian Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga Tingkat Nasional Tahun 2019.Hal itu disampaikan Bupati saat menerima kunjungan Tim Penilai Lomba Pelaksana PHBS di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati Cilacap, Jumat (3/5/2019).
Menurut Bupati, perilaku hidup bersih dan sehat telah diperlihatkan masyarakat setempat dan didukung tersedianya sarana prasarana yang memadai.“Artinya Desa Tritih telah melakukan intervensi terintegrasi terhadap 16 indikator PHBS untuk dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari”, kata Bupati.
            Dijelaskan, pelaksanaan  PHBS di Desa Tritih Wetan dapat berjalan dengan baik karena mendapat dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat Desa Tritih Wetan, jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap, maupun Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan.
            Salah satu bentuk dukungan tersebut yakni, Tim Penggerak PKK Kabupaten telah berhasil melatih kader-kader PHBS, dimana  Para kader PHBS ini bertugas melakukan pembinaan terhadap pelaksanaan program PHBS di Desa Tritih Wetan.(dn/kominfo)***

0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA