Adsense

Guru Sekolah Umum dan Madrasah Setara, Berkiprah Mencerdaskan Anak Bangsa

.

Kab.Siak, NUANSA POST
Usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dilapangan tugu depan Istana Siak, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menyerahkan sejumlah penghargaan kepada para peserta didik, guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi.
Abdullah Rifa'i, S.Pd dari MTs N 2 Siak dan S. Ratih Uswatun Khasanah, S.Si dari MAN 1 Siak, guru madrasah yang menerima penghargaan untuk kategori guru penulis merasa gembira dan bersyukur, karena meskipun bernaung dibawah instansi yang berbeda, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tidak membeda-bedakan guru madrasah karena dianggap memiliki visi & misi yang sama untuk mencerdaskan anak bangsa.
"Kami sangat beruntung mengabdi untuk pendidikan kabupaten Siak. Stakeholder tidak membeda-bedakan antara guru dinas & guru kemenag. Dapat berdiri sejajar, mengajar & mendidik putra-putri kabupaten Siak, dan dihargai oleh bupati Siak dengan wujud nyata penghargaan ini, adalah motivasi bagi kami untuk menjaga konsistensi menulis & berkarya, mendukung gerakan literasi" kata Ratih Uswatun Hasanah, slah satu guru madrasah penerima penghargaan.
Kedepan Ratih juga akan berupaya menyumbangkan karya tulis dengan menciptakan bahan bacaan asli tulisan guru-guru yang ada di Siak, seraya berharap agar virus literasi ini terus menyebar dikalangan para pendidik agar kreatif dalam berkarya."Alhamdulillah Kabupaten Siak telah meraih predikat Kabupaten Ramah Anak, kedepan mari kita tambah predikat yang disandang menjadi Kabupaten Literasi" harap Ratih, salah seorang guru yang menerima penghargaan dari Pemkab Siak, yang diserahkan oleh Sekda Siak TS Hamzah
            Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak menggelar Lomba Bercerita dan Lomba Cipta Baca Puisi yang berlangsung dihalaman Kantor Dinas Perpustakaan Siak Sri Indrapura, Kamis (2/5/19). Kegiatan yang dimaksudkan untuk mendorong literasi di Negeri Istana ini, diharapkan dapat memacu kreativitas dalam membudayakan gerakan cinta buku, dan sadar perpustakaan kepada masyarakat luas agar tertarik berkunjung dan memanfaatkan perpustakaan.
Peserta lomba yang dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 2-3 Mei 2019 tersebut, diikuti 40 orang peserta untuk kategori lomba bercerita tingkat anak-anak. Sementara untuk kategori lomba cipta baca puisi tingkat siswa SMA dan Umum peserta berjumlah 46 orang.
Kepala Dinas Perpustakaan M Arifin mengatakan kesenangan membaca menjadi modal penting dalam menyelenggarakan pendidikan formal, informal, dan nonformal."Kegiatan ini sesuai dengan program prioritas nasional melalui kebijakan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial" kata Arifin.
Selain itu kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. "Anak-anak didorong menanamkan cinta kebudayaan daerah, dan untuk meningkatkan budaya baca dan literasi masyarakat serta membangun pendidikan karakter, dan meningkatkan persatuan kesatuan" jelas Arifin.
Dikesempatan yang sama, Asisten Administrasi Umum Jamaluddin mengatakan perpustakaan merupakan sarana mencerdaskan kehidupan bangsa, karena menyediakan beragam jenis sumber informasi baik cetak, tertulis maupun terekam yang bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat. "Melalui kegiatan ini saya berharap semua pihak di Kabupaten Siak kedepan termotivasi untuk ikut berkontribusi menghasilkan SDM yang baik, serta berdaya saing" harapnya.
            Jamaluddin juga didaulat me-launching aplikasi kunang-kunang, sistem yang dikembangkan Perpuseru yang bertujuan untuk membantu perpustakaan dalam pengelolaan layanan Internet.Sistem ini kata Jamal, akan memudahkan perpustakaan dalam mendapatkan informasi aktual dan faktual terkait penggunaan layanan Internet termasuk kunjungan perpustakaan. (HANGTUAH/ HUMAS)****

0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA