Adsense

Bupati Blitar Apresiasi Pagelaran Purnama Seruling Penataran

.

Kab.Blitar ,NUANSA POST
Ribuan penonton memadati komplek pelataran Candi Penataran, saat di gelarnya Purnama Seruling Penataran yang menghadirkan seniman mancanegara, Rabu (17/7/2019). Tak lupa Bupati Blitar Rijanto hadir bersama Forkopimda serta jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah kabupaten Blitar.
            Pada kesempatan itu, Bupati Rijanto juga mengingatkan bahwa bulani ini bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Blitar yang ke-695. Sejumlah gelaran sudah dilaksanakan seperti, Festival Penataran, yang di dalamnya ada Festival Panji Nusantara yang diikuti oleh delegasi kesenian dari Jawa barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, dan Jawa Timur sendiri.
            Bupati Blitar Rijanto mengatakan, terima kasih kepada Dirjen Purbakala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah memberikan izin penggunaan komplek Candi Penataran untuk pentas Purnama Seruling Penataran.
"Cerita Panji diangkat dari relief Candi Penataran ini menceritakan Percintaan Panji Asmoro Bangun dengan Dewi Sekartaji. Inilah yang menjadi kebanggan Warga Blitar. Saya harap pagelaran ini bisa di sakjikan lebih menarik dan lebih ditingkatkan lagi penampilannya," terang Bupati Blitar.
Dalam acara ini juga menghadirkan penampilan Jaranan Pegon Blitar, Barong dari Sanggar Mega Mendung, Barongsai dan Liong Klenteng Poo An Kiong. Selain seniman lokal dan nusantara, pagelaran seni Purnama Seruling Penataran ini juga menampilkan seniman mancanegara yaitu Rodrigo Parejo dari Spanyol dan Yuliana Meneses Orduno dari Meksiko
Dewan Kesenian Kabupaten Blitar juga menyajikan sendratari "Bubhuksah dan Gagang Aking" yang menggambarkan relief yang terdapat pada pendopo teras Candi Palah. Tari ini menceritakan tentang perjalanan spiritual dua anak manusia hingga mencapai nirwana.(Hms/T0N).


0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA