Adsense

Grebeg Lwang Wentar Wujud Kekayaan Khasanah Budaya di Kabupaten Blitar

.

Kab.Blitar NUANSA POST
Bertajuk “Dengan Semangat Gotong Royong, Kita Tumbuhkan Kearifan Lokal Sebagai Potensi Pariwisata Budaya di Kabupaten Blitar” Pemdes Sawentar Gelar Grebeg Lwang Wentar. Acara ini terdiri dari kirab tumpeng, upacara budaya, pawai budaya nusantara, kenduri rakyat, tari kreasi, parade sound system, yang dipusatkan Pelaratan Candi Sawentar Kanigoro, Minggu (21/7/2019).
            Dalam sambutanya Bupati Blitar Drs.H.Rijanto,MM yang dalam hal ini diiwakili oleh Kepala Dispenduk Capil, Luhur Sejati mengatakan, Pemkab Blitar sangat mengapresiasi kegiatan kebudayan tersebut. Sebab selain nguri-nguri budaya, kegiatan Grebeg Lwang Wentar ini juga menjadi pelopor bagi desa-desa yang lain untuk melestarikan budayanya masing-masing.
“Jadi memang kegiatan Grebeg Lwang Wentar ini memang menjadi perhatian serius Bupati, karena bisa menjadi contoh pemberdayaan masyarakat di bidang budaya dengan kegotong royongan masyarakatnya untuk memanfaatkan potensi budaya yang ada di desanya,” terang Luhur
Menurut Luhur, pengembangan pariwisata dan budaya di Desa Sawentar ini menjadi andalan visi misinya Pemkab Blitar, inilah yang membuat perhatian Bupati terhadap Desa Sawentar. Untuk itu Bupati Berharab Desa Sawentar menjadi percontohan dan juga menjadi desa andalan bagi Kabupaten Blitar.
Semetara itu Kepala Desa Sawentar, Sunoto mengatakan, Grebeg Lwang Wentar ini merupakan tradisi masyarakat Desa Sawentar sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga dalam rangka bersih desa memeriahkan hari jadi Desa Sawentar yang ke 759 yang sudah menjadi acara tahunan.
"Ritual bersih desa ini sudah berlangsung sejak jaman dulu dan grebeg ini merupakan pesta rakyat dimana setelah diarak keliling kampung dan telah dihajatkan. Setiap peserta kirab membawa tumpeng hasil bumi, nantinya direbutankan oleh  warga, setelah proses ritual ini selesai dengan harapan mendapat keberkahan tentunya,” kata Sunoto.
Ia menambahkan, dalam rangka bersih desa, hari jadi Desa Sawentar yang ke 759 dan juga bebarengan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar yang ke 695 ini ada beberapa rangkaian kegiatan.
"Sebelum acara ini di gelar, Kemarin malam di adakan Pisowanan Agung di Pendopo Bupati Sasana Adi Praja Kanigoro untuk meminta restu ke Demang/ Ndoro Bupati sebagai simbolis,” pungkas Sunoto.
Perlu di Ketahui Candi Sawentar menurut cerita dibangun pada awal berdirinya Kerajaan Majapahit, candi ini terbuat dari batu andesit ini berukuran panjang 9,53 m, lebar 6,86 m dan tingginya 10,65 m. Pintu masuk menuju bilik berada di sebelah barat, dengan ornamen makara pada pipi tangga, sedangkan relung-relungnya terdapat pada setiap dinding luar tubuh candi.
Di dalam ruangan bilik ditemukan akas arca dengan pahatan burung garuda, yang dikenal sebagai kendaraan Dewa Wisnu. Berdasarkan hal ini dapat diketahui bahwa Candi Sawentar merupakan bangunan suci yang berlatar belakang agama Hindu.(Hms/T0N)

0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA