Adsense

Kades Kembung Luar Bantah Tudingan Warga Yang Jadi Rivelnya Ketika Pilkades

.

Bengkalis, NUANSA POST
Baru-baru ini Kepada Kepala Desa (Kades) Kembung Luar, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Muhammad Ali, mendapat kabar buruk bahwa dirinya dituding telah semena-mena mengambil kebijakan dalam melaksanakan tugas sebagai pimpinan desa. Tudingan itu telah disampaikan oleh warganya M. Taufik Ali yang dulu pernah bertarung denganya pada Pilkades lalu.
Menanggapi tudingan tersebut orang nomor satu di Desa Kembung Luar tu angkat bicara, menurutnya bahwa apa yang ditudingkan kepadannya tidak sesuai fakta yang etrjadi dan hanya berlandaskan prasangka semata.
Pertama, soal dana Silpa Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018 silam, Kades akui memang sudah melakukan pencairan 27 Mei 2019 lalu sebesar Rp104.797.100,00, tapi tidak sesuai tudingan yang disampaikan M. Taufik Ali, yang menyebut dana tersebut masuk kantong pribadi.“Karena, dana Silpa yang telah kita cairkan itu, beberapa hari kemudian kita kembalikan lagi. Lantaran saat proses pencairan Bulan Mei lalu, perangkat Desa diantaranya Kaur Keuangan dan Kaur Perencanaan masih proses penjaringan (belum definitif-res), “ungkapnya.
Sebab, lanjutnya, untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pihak Desa, posisi Kaur Keuangan dan Perencanaan harus berstatus Definitif terlebih dahulu, sehingga dana yang telah dicairkan tersebut bisa langsung dibuat kegiatan. Namun karena posisi kedua Kaur tersebut kosong, maka dana Silpa tersebut dikembalikan lagi ke kas Desa.
Kedua, kenapa Kaur Keuangan Siti Sayyidatur Rahmah sudah dilantik, karena sudah lengkap persyaratan administrasi pencalonan dalam penjaringan. Sedangkan Kaur Perencanaan belum dilantik, karena persyaratan administrasi atasnama Khairul Anuar tidak lengkap berupa ijazah terakhir SMA yang sampai saat ini belum juga dilampirkan.
Ketiga, M. Taufik Ali menuding, bahwa Kades Kembung Luar telah memecat 6 anggota Linmas secara sepihak dan serentak, Kades Muhammad Ali tegaskan, bahwa tudingan tersebut salah. Karena dari 10 anggota Linmas yang ada di Desa Kembung Luar, hanya 2 anggota yang dipecat, lantaran terbukti keduanya tidak disiplin.
Namun, kata Kades, beberapa hari kemudian, Ketua Linmasnya bernama Majelis datang ke Kantor Desa dengan menyerahkan semua atribut Linmas dan langsung mengatakan, bahwa dirinya dan seluruh anggota Linmas mengundurkan diri dari jabatannya.
“Saat itu, kita belum menerima atas pernyataan pengunduran diri dari Ketua Linmas tersebut, dengan menunggu pada hari berikutnya. Tapi setelah ditunggu-tunggu sampai satu minggu kemudian, hanya 4 anggota yang datang. Sehingga dengan kekurangan 6 anggota ini, maka kita terpaksa mengangkat kembali anggota Linmas dari orang-orang baru”.jelasnya
“Jadi, semua yang ditudingkan oleh M. Taufik Ali terhadap pribadi saya sebagai Kades Kembung Luar salah kaprah. Bahkan tudingan itu sudah mengarah ke pencemaran nama baik pribadi saya dan di Pemerintahan Desa (Pemdes), “ungkapnya dengan wajah kesal
Bahkan, terang Kades, saat ini pihaknya sedang menunggu rekom dari Kecamatan untuk melakukan penjaringan kembali pada jabatan Kaur Perencanaan, karena atas nama Khairul Anuar yang telah diloloskan oleh panitia seleksi telah gugur secara otomatis, disebabkan yang bersangkutan tidak lengkap administrasi pencalonan.
“Seharusnya panitia sendiri yang menggugurkan calon Kaur atas nama Khairul Anuar tersebut. Tapi ternyata fakta di lapangan, malahan diloloskan oleh panitia dengan mengalahkan 8 calon lainnya. Sedangkan persyaratannya tidak lengkap. Bahkan pernah saya tanya ke panitia seleksi, kenapa ada calon tidak lengkap persyaratan bisa diloloskan dan tidak malah digugurkan saja. Saat itu panitia diam saja, “ungkapnya lagi.
Oleh karena itu, apabila ada hal-hal yang belum jelas duduk persoalan dalam perbagai kebijakan di Pemerintahan Desa, “kita harapkan warga datang saja ke Kantor untuk meminta penjelasan lebih lengkap, karena apabila kita hanya menduga-duga tanpa data yang benar, akan menimbulkan fitnah di kalangan masyarakat itu sendiri, “tutup Kades. (AMIRUDIN)***

0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA