Adsense

Pemkab Cilacap Gelar Pameran Teknologi Tepat Guna

.

Cilacap,NUANSA POST
Untuk pertama kalinya Pemkab Cilacap menyelenggarakan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Tugu Kroya, Kamis (18/7/2019), dan dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap, Dian Setyabudi, mewakili Bupati Tatto Suwarto Pamuji.
            Berbagai potensi unggulan desa dari tiap kecamatan ditampilkan dalam stan TTG tersebut. Mulai dari beragam produk kerajinan, batik, teknologi pertanian tepat guna dalam pengembangan sayuran organik, dan produk olahan dari bahan pangan alternatif.
            Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cilacap, Achmad Arifin Santosa selaku penyelenggara menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan ini dilatarbelakangi belum maksimalnya semangat kreativitas, dan inovasi masyarakat dalam percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.
            Adapun tujuannya yakni menampilkan berbagai jenis TTG dan produknya secara visual, sehingga masyarakat mendapat informasi yang cukup untuk menerapkannya, Menambah pengetahuan tentang perkembangan dan kemajuan teknologi serta manfaatnya, dalam peningkatan mutu dan kuantitas produksi dalam berbagai sektor usaha.
            “Harapannya antara lain terpromosikannya produk teknologi unggulan daerah masing-masing, meningkatkan pengetahuan manfaat TTG untuk meningkatkan hasil usaha atau membuka usaha baru, serta memberi dukungan dan kerjasama dengan Posyantek”, kata Arifin.
            Gelar TTG ini merupakan salah satu upaya yang strategis dalam menyebarluaskan informasi berbagai teknologi yang memberi nilai tambah, dengan menggali pemikiran untuk menyusun kebijakan, penerapan, dan pengembangan TTG dalam pemberdayaan masyarakat.
Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dian Setyabudi saat membacakan sambutan Bupati mengungkapkan, kegiatan ini sangat strategis sebagai media bagi para inovator untuk menyebarkan informasi dan teknologi hasil karyanya kepada masyarakat.“Gelar TTG ini juga dapat menjadi ajang memasrkan hasil teknologi kepada masyarakat agar dapat meningkatkan perekonomian”, kata Dian.
Acara tersebut dihadiri sejumlah kepala dan perwakilan OPD di jajaran Pemkab Cilacap. Hadir pula perwakilan Forkopimda, Forkopimcam, usahawan, serta tokoh masyarakat. Usai membuka gelar TTG, Asisten beserta sejumlah pejabat meninjau stan pameran TTG. Sebagai informasi, Gelar TTG Tingkat Nasioan akan diselenggarakan di Bengkulu pada 22 September 2019.(dn/kominfo)

0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA