Adsense

Penjelasan Bupati Blitar Tentang Kebijakan Umum APBD (KUA) Dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2020

.

Kab.Blitar,NUANSA POST
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab.Blitar  menggelar rapat paripurna, Penjelasan Bupati Blitar Tentang Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2020 Senin, (1/7). Acara ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Anggota DPRD Kab.  Blitar,  Bupati,  Wakil Bupati,  Sekda, OPD,  Kapolresta, Kapolres dan sejumlah tamu undangan.
            Dalam pembacaannya Bupati Drs.H.Rijanto,MM mengatakan substansi KUA seperti amanat Permendagri meliputi,  pertama memuat penjelasan ringkas gambaran ekonomi makro,  kedua pengusunan RAPBD tahun 2020, Ketiga Penggambaran prakiraan rencana sumber dari pendapatan untuk tahun 2020.
Hal keempat kebijakan belanja daerah disesuaikan dengan pusat serta kondisi riil daerah dan yang kelima kebijakan pembiayaan disesuaikan dengan gambaran sisi devisit dan surplus untuk mengantisipasi kondisi pembiayaan demi mensikapi tuntutan daerah.
Lebih lanjut ia mengatakan, pengusunan kebijakan umum APBD (KUA) Tahun 2020 merupakan representasi dari kebijakan perencanaan pembangunan daerah ditahun 2020 mendatang. Dalam proses penyusunan RKPD telah melalui Musrembang yang dilaksanakan secara berjenjang.
Pembangunan Kabupaten Blitar mendatang disesuikan dengan sinkronisasi nasional dan Propinsi. Fokus utama pelaksanaan pembangunan melanjutkan pelaksanaan pembangunan tahun lalu agar tahun depan sesuai dengan program yang ditargetkan. "Faktor kemiskinan di kabupaten Blitar tergolong progresif,  artinya sudah banyak berkurang dalam rentang waktu 2013-2018 dari 120,3  jiwa menjadi 112,40 berdasarkan data. Walau terjadi penurunan namun upaya pengentasan kemiskinan masih terus di upayakan, " terangnya.
            Sementara itu angka pengangguran di Jawa Timur sangat tinggi, sedangkan angkatan kerja belum sebanding dengan lapangan kerja yang disediakan. Sedangkan untuk pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat menunjukkan peningkatan yang signifikan.
Dengan pemantapan pelayanan kepada masyarakat, daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat dengan menargetkan lima prioritas. Diataranya penanggulangan kemiskinan dan pengangguran,  peningkatan kuwalitas infrastruktur,  peningkatan ekonomi rakyat (ukm, industri kecil,  koperasi yang berbasis pertanian dan pariwisata), serta yang terakhir fasilitas Pilkada Periode 2021-2026.
"Ada lima prioritas utama yang akan menjadi target rencana pembangunan 2020 Pemerintah Kabupaten Blitar. Secara ringkas bahwa pendapatan tahun 2020 diperkirakan sebesar Rp.  2. 462. 934. 689. 421. Target ini, 17,4 % berasal dari sumber pendanaan spesifik atau Rp,  434. 475. 117. 057. Pendapatan asli daerah akan tetap di upayakan menjadi sumber utama pendapatan, " pungkas Bupati Rijanto. (HMS/T0N)***

0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA