Adsense

Tim Dinkes Provinsi Lampung Deklarasikan Desa Bandar Putih dan Sinar Mas Alam Kotabumi Selatan menjadi DESA Ofen Defecation Free (ODF)

.

Lampung Utara- NUANSA POST
Tim Ofen Defecatioan Free(ODF), Dinas Kesehatan Provinsi Lampung serta Dinkes Lampura melakukan Monitoring dan Verifikasi di Desa Bandar putih Kecamatan Kotabumi selatan Kabupaten Lampung utara, kamis(29/08/2019).
Dalam kunjungan tersebut Tim dari Dinas kesehatan Provinsi Lampung dan Dinkes Lampura di dampingi Camat Kotabumi selatan, Ketua Puskesmas Kotabumi 2 beserta rombongan melakukan cek dor to dor dari rumah ke rumah warga dan melakukan peninjauan langsung Fasilitas yang di miliki warga, seperti sarana air bersih dan mandi cuci kakus(MCK) dan laksanakan sosialisasi secara dialogis kepada warga masyarakat Desa Bandar putih.
Tim di sambut langsung oleh Kepala Desa Bandar putih serta perangkat Desa setempat beserta kader Posyandu dan kesehatan Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta masyarakat umum.
Dalam arahannya di depan para peserta, Bertha sitepu, selaku Ketua Tim Verifikasi Program Desa ODV tingkat Provinsi Lampung, memaparkan" program Desa Odv adalah program nasional bahkan Global yang membidangi Kesehatan dalam hal Sanitasi, yang artinya menghilangkan kebiasaan masyarakat atau Stop kebiasaan membuang air besar di tempat terbuka atau umum yang berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan masyarakat sekitar, ujarnya.
"Saya sangat bangga dan mengapresiasi pemerintahan desa Bandar putih dan warga masyarakatnya yang telah memahami pentingnya Kesehatan diri dan lingkungan" sebagai aktor, kita semua berharap kedepanya Desa Bandar putih menjadi Desa STBM dan Sehat baik lingkungan maupun masyarakatnya yang secara langsung berdampak pada peningkatan perekonomian warga masyarakat, pungkasnya.
Senada di ungkapkan, Sari husin, selaku Camat Kotabumi selatan" Saya minta kepada Kepala Desa dan Perangkat serta warga masyarakat Desa Bandar putih, untuk dapat menjaga dan meningkatkan Kebersihan di lingkungan dan Desa sebagai bentuk kewajiban sebagai warga masyarakat, tegas Sari husin.
Di tempat yang sama, Hendarsyah, Kepala Desa Bandar putih, mengucapakan rasa terimakasih kepada semua pihak dan warga masyarakat yang telah bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan yang muaranya untuk kesejahteraan bersama, pungkasnya.
Acara berahir dengan penanda tanganan berita acara ODV yang di lakukan TIM Dinas kesehatan Provinsi Lampung, Camat kotabumi selatan dan Kepala Desa Bandat putih yang di lanjutkan dengan Deklarasi dan pembacaan ikrar Deklarasi. (RIAN)***



0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA