Adsense

Sosialisasikan Pembangunan, Diskominfo dan FK Metra Gelar Wayang Kulit

.

Cilacap, NUANSA POST
Guna menyosialisasikan keberhasilan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) meggelar Wayang Kulit. Acara digelar di Pasar Pahing Maos, Sabtu (12/10/2019).
            Pagelaran tersebut dibawakan oleh Dalang Wahyu Eko Saputro dengan mengangkat lakon ‘Wisanggeni Krida’. Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap, M. Wijaya menjelaskan, sosialisasi pembangunan daerah melalui media tradisional sekaligus melestarikan budaya adiluhung warisan leluhur.
“Sesuai arahan Bupati, jangan sampai patok-patok budaya ini digeser oleh budaya lain yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Sehingga selain pelestarian budaya, kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan keberhasilan pembangunan”, jelasnya.
Camat Maos, Achmad Husin dalam sambutannya mengungkapkan, Kecamatan Maos memiliki beragam potensi unggulan, terutama dalam bidang seni dan pertanian. Di bidang seni, tak terhitung banyaknya dalang muda dari wilayah tersebut, salah satunya Dalang Wahyu Eko Saputro.
Sedangkan dalam bidang pertanian, Maos Merupakan salah satu lumbung pangan di Cilacap, bahkan Jawa Tengah. Berbagai program pembangunan telah banyak dirasakan masyarakat Maos. Salah satu yang sedang berjalan yakni rigid beton jalan antara Desa Karangkemiri dan Karangreja dengan anggaran sekitar Rp 5 miliar.
Di sisi lain, sebagai salah satu lumbung pangan di Kabupaten Cilacap, Kecamatan Maos memiliki target menjaga produksi beras. Tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal, surplus beras yang turut disumbangkan para petani Maos setiap tahun juga menjaga ketahanan pangan di Provinsi Jawa Tengah.“Kita ditarget menjaga produksi beras untuk MT 1 2019 – 2020, oleh karena itu petani yang sawahnya sudah mendapat air dihimbau segera melakukan percepatan olah tanam”, jelasnya.
Acara Sosialisasi Pembangunan Daerah melalui media tradisional wayang kulit dibuka secara simbolis oleh Kepala Diskominfo Cilacap, ditandai penyerahan tokoh karakter wayang kulit Wisanggeni kepada Dalang Wahyu Eko Saputro. Acara ini menarik animo ribuan masyarakat Maos dan sekitarnya.(dn/kominfo/haryanti)***


0 komentar:

Posting Komentar

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA