Sekda Lampura Hi, Sopyan SP, MM, Hadiri Roadshow Wakil Gubernur Lampung Dan Tim Gabungan ke Kabupaten Kota Se-Provinsi Lampung Tahun 2020

.

Lampung Utara, NUANSA POST
Rabu 15 Januari 2020 Pukul 08.00 WIB telah berlangsung acara pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA), Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Gerakan Masyarakat Lampung Bebas Stunting, Pasar murah di selenggarakan di Kab. Lampung Utara, akan dilaksanakan kegiatan Roadshow/kunjungan Wakil Gubernur bersama Tim Gabungan OPD Provinsi Lampung bertempat di Balai Desa wonomerto Kec. Kotabumi Utara Kab. Lampung Utara.
Hadir dalam kegiatan Roadshow/kunjungan Wakil Gubernur bersama Tim Gabungan OPD Provinsi Lampung Sbb : Wakil Gubernur Provinsi Lampung Ibu Hj. Chusnunia Chalim, M.Si, Bupati LU diwakilkan oleh Sekda Kab. LU bpk Hi. Sofyan, Sp. MM, Dandim 0412/LU diwakilkan oleh Pasi Pers Lettu Inf Bassarudin, Kapolres LU diwakilkan Kasad Sabara AKP Hendri Pandiangan, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan anak Pemda Kab. LU, Ibu dr. Maya Manan, Kadis Dispora Pemda Kab. LU bpk Ilham Akbar, S. STP, MH, Wakil Ketua 3 DPRD Kab. LU Bpk Hi. Dedi Sumirat, Anggota DPRD Kab. Lampung Utara Bpk Thabrani Rajab, Direktur RS Ryacudu Kab.  LU bpk Dr.Indra, Waka Polsek Kotabumi Utara Iptu Farikin, Camat Se-Kabupaten LU, Kepala Desa Se-Kecamatan Kotabumi Utara, Masyarakat dan Siswa SLTA -+ 850 org.
Sambutan Plt Bupati LU yang diwakilkan oleh Sekda LU bpk Sofyan SP MM sbb :
- Assalammualaikum wr wb  tabik pun... Pejabat sekretaris daerah Sofyan mengatakan kunjungan kerja hari ini oleh Wakil Gubernur Chusnunia Chalim merupakan perhatian atas daerah setempat. Membangun daerah berarti membangun bangsa, pertumbuhan akan mengalami peningkatan. Sebagai bagian Lampung, Lampura terus membangun. Mewujudkan komitmen kabupaten Lampung Utara layak anak, sosialisasi ke kecamatan, ikut KLA meskipun belum masuk nominasi. Tetapkan sekolah ramah anak, untuk jamin hak anak sebagai tempat aman dan nyaman, tenteram, rukun dan damai.
- Pada tahun 2019, juga dibentuk Nuwo Singgah Intan Permatow merupakan rumah singgah untuk anak dan perempuan korban kekerasan. Selain itu pihaknya juga melakukan sosialisasi penjangkauan dan pendampingan. Kabupaten Lampung Utara dapat bantuan berupa mobil penyuluhan dan perlengkapannya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak.
- Bebas stunting, melakukan penandatangan komitmen bebas stunting, berdasarkan riset kesehatan dasar pada tahun 2013, data balita stunting sebesar 16,8 persen. Tahun 2018 alami kenaikan sebesar 18,2 persen. Di diskes da tahun 2018, sebanyak 8,64 persen balita pendek, dan balita sangat pendek sebanyak 18,20 persen. persentase tersebut dibawah nasional. “Kami siap mendukung program bebas stunting,” ujarnya.
Terdapat 11 ruas jalan provinsi di Lampung Utara, dengan panjang jalan 154,367 kilometer. Di jalan tersebut sering dilewati kendaraan bertonase tinggi. Kiranya pemerintah setempat usulkan dapat menyetujui ruas kabupaten menjadi jalan provinsi Lampung. Ruas jalan yang diusulkan meliputi jalan bernah-kali cinta dengan panjang 7,20 kilometer, kemudian ruas jalan Wonogiri sampai Banyu Urip sepanjang 6 kilometer. Selanjutnya Banyu Urip - kali cinta sepanjang 5,53 kilometer. Ruas kali balangan - tata karya sepanjang 22,20 kilometer. “Totalnya sepanjang 40,93 kilometer yang disusulkan menjadi jalan provinsi,” katanya.
- Selain itu pihaknya juga mengusulkan agar kantor samsat di Lampung Utara agar direlokasi. Alasannya, areal parkir yang sempit, yang menyebabkan masyarakat kurang nyaman. “Tempatnya kurang representatif, jadi diharapkan dapat direlokasi,” ujarnya.
Sambutan Wakil Gubernur Lampung Ibu Hj. Chusnunia Chalim, M.Si sbb :
- Wakil gubernur Lampung Chsununia chalim, mengunjungi kabupaten Lampung Utara. Pada kunjungan tersebut orang nomor dua di provinsi Lampung ikut serta dalam senam aerobik di desa Wonomerto, Kotabumi Utara, Rabu 15 Januari 2019.
- Assalammualaikum wr wb tabik pun.. Mengawali Sambutan ini, marilah kita senantiasa mengucap Puji Syukur kehadirat Allah SWT - Tuhan YME, atas perkenan dan rahmatnya kita masih mencari peluang dan kesehatan, dapat hadir dalam acara Road Show Kab. Kota Layak Anak (KLA) Kab. Kota Provinsi Lampung. Road Show yang dilaksanakan hari ini, merupakan salah satu pelaksanaan program kerja Gubernur dan Wakil percepatan percepatan Gubernur dalam pengembangan Kabupaten Kota Layak Anak (KLA) Kab. Kota Se-Provinsi Lampung pertama kali dilaksanakan di Kab. Lampung Utara. Alhamdulillah, hadirin yang Saya hormati, kita turut bersama anak merupakan aset yang sangat penting, generasi penerus masa depan bangsa, penentu kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang akan menjadi pilar pembangunan nasional. 
- Pemerintah Republik Indonesia telah mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak melalui berbagai instrumen hukum, begitu pula dengan Pemerintah Provinsi Lampung, dalam rangka mendukung Provinsi Lampung sebagai Provinsi yang layak anak, dilakukan beberapa dukungan, yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan.  Alhamdulillah, seluruh Bupati,  Walikota menyetujui membuat Kab.  Kota yang Layak Anak. Se-Provinsi untuk Lampung telah bersama - sama, Oleh karena itu kedepan melalui salah satu visi kami yaitu Lampung Ramah Perempuan.
- Selain itu, kedepan kita akan membentuk dan memperkuat Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kab. Kota Se-Provinsi Lampung. Begitu pula dalam rangka membangun keluarga yang sehat, cerdas dan berkualitas akan membentuk pusat pembelajaran keluarga (PUSPAGA) di seluruh Kab. Kota Se-Provinsi Lampung. Hadirin yang Saya hormati, pemerintah Provinsi Lampung saat ini terus melakukan langkah-langkah untuk mengubah angka gizi buruk di Provinsi Lampung yang menjadi pemicu mencegah kasus terhambatnya atau pengerdilan pertumbuhan badan yang tinggi pada anak-anak.  Pengerdilan tidak dapat disembuhkan, hanya satu yang bisa dilakukan melalui pengalihan.  Namun demikian, perdebatan yang dilakukan pemerintah selama ini hanya 40% untuk mengentaskan masalah kesehatan yang ada.
- Diperlukan kerjasama dan sinergitas dengan semua pihak termasuk pemerintah Kab. LU agar kasus stunting dapat diantisipasi sedini mungkin oleh karena itu saya mengajak masyarakat lampung utara mari kita bersama-sama mengelorakan semangat hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Untuk itu dukungan, hadirin yang saya hormati, kita naik harga beberapa kebutuhan setelah tahun baru selalu terjadi, untuk itu perlu diantisipasi dan pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat dalam bentuk berbagai kegiatan yang salah satunya Kegiatan Pasar Murah. Kegiatan pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyarakat memperoleh bahan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar. 
- Saya mengerti itu pasar murah yang digelar hari ini masih belum dapat memenuhi harapan masyarakat, lebih penting dari segi yang dibutuhkan, namun mudah - di perlukan melalui permintaan pasokan barang pasar yang murah ini akan meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa persaudaraan di antara aparatur dunia usaha dan masyarakat umum. Hadirin Yang Saya Hormati, di perlukan untuk menjadi perhatian kita bersama semoga upaya untuk mewujudkan "Rakyat Lampung Berjaya" melalui Kab. Kota Layak Anak dipersiapkan oleh Allah SWT - Tuhan YME Aminnn terimakasih atas perhatian. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.(RIAN)****

0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA