Reog Asal Ponorogo Berkembang di Kabupaten Bengkalis

.

Bengkalis,NUANSA POST
Di kediaman Teguh, Kepala Desa Wonosari Barat telah di laksanakan peringatan ulang tahun reog yang ke XX turut hadir para pengurus dan penasehat Reog Wonosari Barat Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Riau.Turut hadir para reog dari Malaysia, Dumai, Siak Kecil, turut tampil dalam mempersembahkan keterampilannya.
Kata sambutan Kepala Desa Wonosari Barat Suswanto mengatakan, atas nama pemerintah Desa Wonosari Barat mengucapkan selamat atas perkembangan kesenian reog, dan seperti pada kesempatan ini memberikan dukungan kepada kesenian reog mudah-mudahan kesenian ini terus kita lestarikan himbaunya.
Sementara dalam sambutan, Ketua Paguyuban Jawa Bengkalis (KPJB) Mashuri SH atau yang akrab di panggil Mas Bagong menyampaikan, ucapan selamat ulang tahun kepada kesenian REOG Kabupaten Bengkalis sudah berjalan selama 20 tahun.
Kepada  ketua penasehat khususnya  Sugianto yang sama-sama kita hormati yang saya mulia kan mbah-mbah saya dan pakde-pakde saya yang hadir serta paman-paman saya yang hadir dan bukde-bukde juga hadir serta adik-adik generasi penerus kesenian reog Kabupaten Bengkalis.
"Untuk kesenian reog yang berulang tahun ke 20 mudah-mudahan dapat menjadi  lebih baik, menjadi sesuatu yang sangat bernilai tinggi ter khusus kita orang-orang jawa terimakasih tentu nya yang telah membina kesenian reog. Bertahan sampai saat ini dan mudah-mudahan kedepan bisa lebih di kembangkan karena ini merupakan sebuah kesenian khasanah milik Bangsa yang menjadi identitas suku jawa," terangnya.
Bagi saudara-saudra saya yang mempunyai Budaya wajib mempertahankannya dan harus di kembangkan karena apa ? ketika seorang itu mengenal Adat maka dia pasti akan lebih baik dari yang sehari-hari ketika ia mengenal itu sesunggguhnya karena Adat itu membimbing orang itu lebih sempurna dalam bersikap dan bertutur kata.
Seni budaya ini juga pemersatu bangsa dan negri ini berbagai etnis di satukan  dengan seni dan budaya kalau enggak kita akan terpecah belah katanya.
            Indonesia sangat kaya dengan budaya Indonesia sesungguhnya sangat besar bangsa yang besar bangsa yang mencintai seni dan budaya nya. Ini juga harapan ke depan beliau dapat menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis siap mengembangkan seni dan budaya di Kabupaten Bengkalis, pungkasnya.
Mashuri apresiasi Kepala Desa Wonosari Barat Suswanto yang mengakmodir kesenian  terdiri dari beberapa kesenian yang ada berbilang suku di daerah nya sehingga beliau mendapakan dua priode menjabat sebagai kepala desa di daerah ini."Untung- untung saya juga di dukung oleh masyarakat Kabupaten Bengkalis dan di Hijabah oleh yang Maha Kuasa menjadi pemimpin di Daerah Kabupaten Bengkalis Riau. Untuk kesenian dan kebudayaan jawa tak boleh hilang sebagai pusaka untuk anak cucu di rantau ini," jelasnya.
Jangan sampai esok anak cucu kita tidak mengerti kesenian serta adat jawa yang di tinggalkan leuhur nya sebagai acara hiburan para reog tampil mempertunjukkan keperoleh hanyanya memukau para undangan dan masyarakat Desa Wonosari Barat.
            Ini tugas kita bersama agar dapat bersatu padu membangun generasi muda kita kedepan di Kabupaten Bengkalis negeri junjungan yang kita cintai ini, pungkasnya. (AMIRUDIN)***


0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA