Sebanyak 5020 Ekor Hewan Qurban di Lampung Utara Siap Diperjualbelikan

.

Kotabumi -NUANSA POST
Sebanyak 5020 hewan qurban seperti sapi,kerbau,kambing dan domba,akan siap di perjual belikan di Kabupaten Lampung Utara menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha,
Kepala Bidang Perternakan, Yuli Endratmoko,S.Pt mengatakan, sebelum menjelang perayaan hari raya idul adha. Dinas Perternakan, sudah mempersiapkan tim teknis yang ada di kabupaten atau kecamatan yang tersebar luas di Kabupaten Lampung Utara .
" Setiap tahun kita memberikan surat tugas untuk petugas - petugas yang ada di lapangan, iya itu SK untuk memeriksa hewan kurban pedangan atau peternak, baik sapi maupun hewan kambing, sebanyak Tiga Puluh Enam petugas kesehatan hewan,"Ucapnya saat di wawancara di ruangan nya. Selasa (21-07-2020).
Dilanjutnya, Tim yang sudah di bentuk, akan mulai bergerak pada tujuh hari sebelum perayaan idul adha, Tim Kesehatan Hewan dan Dinas Perternakan juga akan turun langsung, untuk melakukan pemeriksaan kepada hewan yang akan di perjual belikan oleh pedagang.
" Kami periksa satu persatu, baik keadaan fisikinya apabila hewan itu layak,akan diberikan sertifikat serta kalung yang artinya itu adalah hewan layak untuk di perjual belikan kepada masyarakat, dan bila ada hewan yang sakit. Itu akan kami beri tanda hewan tidak layak jual," Jelasnya.
Dijelaskan, saat membelikan hewan kurban. Pembeli dapat jelih memilih hewan yang akan di kurban kan, seperti membeli hewan sapi, melihat dari segi gigi hewan tersebut." Kita melihat sudah tanggal dua atau sudah kurang lebih usia nya dua tahun. ataupun gigi, seperti dari gigi susu menjadi gigi tetap. Untuk hewan kambing, usia cukup itu satu tahun delapan bulan," Jelasnya.
Dirinya menghimbau, agak kepada semua pedagang bisa mencari titik lokasi yang strategis dan tidak merusak fasilitas umum, dan dapat menjaga kebersihan, selama menjualkan hewan kurban nya masing-masing." Apa bila ada oknum yang masih nakal,kami akan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP), supaya dapat di berikan saksi tegas yang membuat para oknum jera," tegasnya.(RIAN)****

0 komentar:

Posting Komentar

Yayasan Berkah Lintas Pena

Yayasan Berkah Lintas Pena

LBH Tasikmalaya

LBH Tasikmalaya

PT LINTAS PENA MEDIA

PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA

Direksi PT LINTAS PENA MEDIA